Selasa, 21 November 2017

Sikap Orang Tua Jika Anaknya Ingin Menikah Muda

Bagaimana sikap orang tua jika anaknya masih muda sudah menginginkan menikah?

Sikap Orang Tua Jika Anaknya Ingin Menikah Muda


Ketika orang tua menemukan anaknya ingin menikah, misalnya ditandai dengan minta izin, seumpama ngomong "mah saya ingin menikah". Maka ketahuilah, kalau seorang anak berani mengungkapkan keinginannya untuk menikah (yang sebetulnya berat seorang anak ngomong begitu, kecuali memang ada desakan, bergolak syahwatnya), maka tidak ada jalan bagi anda kecuali memenuhi kebutuhannya, ya dinikahkan, kalau urusan pekerjaan belum ada, ketahuilah ! jangan sampai anak kita mencari pekerjaan lalu menjadi pezina.

Karena menikah adalah kebutuhan pribadi yang tidak bisa diwakilkan kepada siapapun.

Ada orang tua kadang begini, anaknya baru kuliah masih semester satu, tau-tau sudah ingin menikah, anaknya dimarahi, "Kamu baru kuliah minta nikah". Ibunya menyamakan antara dia dengan anaknya, padahal anak hidup di zaman sekarang, zaman yang berbeda dengan dulu, sekarang zaman bergolaknya syahwat. Ibunya melarang "Tidak boleh menikah!!" , awas hati-hati jangan seperti ini, karena anak akan malu apabila akan ngomong lagi, sementara bergolak terus syahwatnya, akhirnya berzina anak tersebut, ibunya yang menanggung, kenapa? Karena si anak pernah ngomong ingin menikah, tapi tidak diperbolehkannya.

Maka permudahlah untuk urusan pernikahan, kalau seorang anak sudah berani mengunggkapkan keinginannya untuk menikah, kita harus berfikir lebih jauh dampak apa yang akan terjadi jika kita melarangnya.

Dan dihimbau untuk setiap orang tua, hendaknya terbuka terhadap setiap urusan anaknya. Katakan seperti ini kepada anak-anak kalian: "wahai anak-anakku, kalian sudah mulai akil baligh, mama cinta kepada anak-anakku, dan kalian sudah mulai gede, sudah ngerti urusan syahwat, urusan laki-laki dengan perempuan, kalau sampai diantara kalian ada yang melakukan keharaman, Allah SWT tidak ridho, Rosul tidak ridho, mama juga tidak ridho. Mulai dari yang namanya pacaran dan seterusnya, apalagi zina. Jangan sampai zina menjadikan sebab kehancuranmu di dunia. Mengerti anak-anakku yang sholeh? Kalau kebutuhanmu sudah mendesak, kamu ndak usah ragu ngomong ke mama ya... . Jangan sampai kamu mencoba-coba berzina".

Berikan mukoddimah dulu, pagari mereka dengan cara yang baik.

Jadi kalau anak Anda sudah ngomong ingin menikah, segera sambut. Adapun masalah kemapanan, belom punya pekerjaan, masih kuliah, dan lainnya,  insyaAllah akan ada  jalan. Yang penting adalah jangan anak Anda terjerumus ke dalam maksiat yang besar, dosa besar yaitu zina, disebabkan oleh larangan menikah dari Anda.

Demikianlah Sikap Orang Tua Jika Anaknya Ingin Menikah Muda, semoga bermanfaat.

oleh : Buya Yahya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon